Mengenal Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) di ODOO (OpenERP)

Customer Relationship Management (CRM) dalam bahasa Indonesia disebut Manajemen Hubungan Pelanggan.

Sebelum dimulai izinkan saya membuka dengan pantun.

Sirih berlipat sirih pinang. Sirih dari pulau mutiara. Pemanis kata selamat datang. awal Bismillah pembuka bicara.

Peribahasa mengatakan Tak kenal maka tak sayang, untuk itu sebelum kita membahas apa saja fitur CRM yang ada di Odoo versi 11, mari kita memahami apa pengertian, sasaran, tujuan dan fungsi dari CRM yang bersumber dari Wikipedia.

Pengertian CRM

CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.

CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

Sasaran dan Tujuan

Sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.

Fungsi-fungsi dalam CRM

  • Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan;
  • Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric);
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan;
  • Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan;
  • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna;
  • Menangani keluhan/komplain pelanggan;
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan;
  • Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

Mengimplementasikan CRM

CRM adalah strategi tingkat korporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan pendekatan yang berbeda-beda terhadap CRM. Bagaimanapun, CRM bukanlah teknologi itu sendiri, tetapi ia adalah pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi, yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM mengurus filosofi organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, customer service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi. Sistem CRM mengintegrasikan pemasaran, penjualan, dan customer service dari ujung ke ujung.

Sekarang banyak paket perangkat lunak yang telah tersedia salah satunya Aplikasi CRM dari Odoo, Odoo merupakan rangkaian aplikasi bisnis open source yang mencakup semua kebutuhan perusahaan dan memiliki aplikasi yang lengkap seperti : CRM, eCommerce, accounting, inventory, point of sale, project management, dll.

Kali ini kita akan membahas salah satu aplikasi CRM. Berikut gambaran fitur yang ada di CRM

Seperti gambar di atas ada 7 fitur diantaranya : Sell Faster, Leads,Opportunities, Customers, Efficient Communication, Reporting,Integratios. Untuk keterangan yang lebih lengkap tentang fitur tersebut silahkan di klik langsung kata-katanya.

Berikut ini beberapa tampilan aplikasi dengan menggunakan data dummy dari Odoo:

Itulah sedikit pembahasan tentang #CRM yang ada di #ODOO, semoga bermanfaat. Sebagai penutup izinkan saya menggunakan pantun melayu kembali yang bersumber dari http://pantunmelayu.com.

Bunga dedap di atas para, Anak dusun pasang pelita; Andai tersilap tutur bicara, Jari disusn maaf dipinta.

Tanam sirih dalam taman, Gali lubang tepi perigi; Terima kasih hadirin budiman, Lain kali bersua lagi.

Artikel ini pertama kali saya publish di linkedin : https://id.linkedin.com/pulse/mengenal-aplikasi-crmcustomer-relationship-management-muhammad-syarif

Dilihat sebanyak : 72 kali

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco