Sekilas Tentang Lahirnya Blogku : mhdsyarif.com

Logo MhdSyarif

Sebenarnya artikel ini sudah lama ingin saya posting, karna sesuatu hal baru sempat hari ini. Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua dan seluruh keluarga yang telah mendukung saya dalam menjalani pendidikan.

Blog saya dengan alamat blog.mhdsyarif.com merupakan blog pribadi Mhd. Syarif yang berisi catatan/pengalaman pribadi, catatan kuliah, artikel tentang pendidikan, bisnis, karir dan lain sebagainya. Semua artikel yang ada dalam blog ini bertujuan untuk memberikan informasi terutama pada bidang pendidikan yang berguna bagi masyarakat, tanpa bermaksud ada pihak yang dirugikan.

Blog saya ini menggunakan Content Management System (CMS) yang bernama WordPress bisa anda kunjungi dialamat www.wordpress.org. WordPress itu sendiri merupakan suatu aplikasi untuk membuat suatu website/blog yang bersifat open source yang berarti siapapun bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.Cara menggunakan WordPress sangat mudah dipelajari dan dimodifikasi bahkan untuk meng-instalnya tidak butuh +5 menit, dan itu salah satu alasan dari ribuan alasan mengapa saya menggunakan WordPress heheeh :), O iya, orang yang berjasa dalam mendirikan dan mengembangkan WordPress adalah Matt Mullenweg bisa dikunjungi di alamat : www.ma.tt

Berikut ini pengertian WordPress yang saya rangkum dari beberapa sumber :

WordPress started in 2003 with a single bit of code to enhance the typography of everyday writing and with fewer users than you can count on your fingers and toes. Since then it has grown to be the largest self-hosted blogging tool in the world, used on millions of sites and seen by tens of millions of people every day.

Everything you see here, from the documentation to the code itself, was created by and for the community. WordPress is an Open Source project, which means there are hundreds of people all over the world working on it. (More than most commercial platforms.) It also means you are free to use it for anything from your cat’s home page to a Fortune 500 web site without paying anyone a license fee and a number of other important freedoms.

Source : www.wordpress.org

WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain juga tak ternilai harganya. Pendek kata, WordPress ‘lah yang Anda perlukan ketika ingin membangun sebuah blog atau sebuah situs web yang cantik.

Piranti lunak inti WordPress dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Ketika Anda ingin dapatkan lebih banyak kegunaan daripadanya, ada ribuan plugin dan tema yang tersedia untuk mengubah situs Anda menjadi nyaris apa saja yang Anda dambakan. Lebih dari 25 juta orang memilih WordPress sebagai “rumah”-nya di jaringan internet — dan tentunya kami juga ingin agar Anda juga dapat bergabung dengan kami dan mereka semuanya.

Sumber : www.id.wordpress.org

WordPress berdiri pada tahun 2003 dengan aplikasi yang pertama Point Server Beta Test yang dirilis pada tanggal 25 May 2003, Sampai pada tanggal 11 Maret 2014 ini WordPress sudah merililis ratusan kali dan yang terakhir versi 3.8.1 yang dirilis pada tanggal 23 Januari 2014. Untuk melihat detail perkembangan WordPress bisa dikunjungi Disini.

Saya sendiri mengenal WordPress sekitar akhir tahun 2009 saat semester pertama kuliah di Politeknik Kampar. Pada tahun 2010 saya sudah memiliki banyak blog yang menggunakan subdomain dari wordpress.com tujuannya saya ingin mempelajarinya lebih dalam tentang WordPress walaupun secara otodidak. Pada saat kuliah orang yang telah berjasa pada saya dalam mengajarkan WordPress  lebih dalam adalah Bapak Muhammad Jazman, S.Kom.,MInfoSys., MCTS salah satu dosen TIF di Politeknik Kampar, meskipun WordPress saat itu tidak ada dalam matakuliah. Beliau memberikan saya amanah dalam mengelolah website Politeknik Kampar yang menggunakan WordPress saat itu, dari amanah itulah saya mendalami WordPress.

Bapak Jazman menyelesaikan S1 pada jurusan Ilmu Komputer di Fakultas Ilmu KomputerUniversitas Indonesia, dan S2 jurusan Master of Information Systems di University of WollongongNSW, Australia. Informasi selengkapnya bisa kunjungi blog pribadi beliau di alamat : jazman.poltek-kampar.ac.id dan jazman.riau.pw. Sampai saat ini ketika saya ada masalah tentang dunia IT terutama WordPress beliaulah tempat mengadu saya untuk berbagi ilmu. Ribuan terima kasih saya ucapakan kepada beliau.

Ketika saya menyelesaikan kuliah saya pernah bekerja di UPT Pusat Komputer Universitas Riau sebagai staff divisi website. Disini saya lebih mendalami secara dalam penggunaan WordPress karna sebagian besar website dilingkungan Universitas Riau menggunakan WordPress.

Pada tanggal 11 September 2013 saya membeli domain atas nama mhdsyarif.com selama 2 tahun. Semua artikel yang ada pada blog sebelumnya saya ekspor ke blog saya yang baru. Meskipun domainnya baru artikelnya bayak yang sudah lama, Itulah kenapa saya membuat © 2009 – 2014 MhdSyarif di footer blog saya ditambah lagi saya mulai menggunakan blog pada tahun 2009.

Sampai saat ini saya aktif mengisi blog saya dan sudah membuat beberapa project menggunakan WordPress. Meskipun saya menyukai WordPress saya juga telah mempelajari beberapa CMS/aplikasi tentang web diantaranya :

  1. Joomla (http://www.joomla.org/)
  2. Drupal (https://drupal.org/)
  3. Mahara (https://mahara.org/)
  4. OpenCart (http://www.opencart.com/)
  5. B2evolution (http://b2evolution.net/)
  6. ZenCart (https://www.zen-cart.com/)
  7. Moodle (https://moodle.org/)
  8. phpBB (https://www.phpbb.com/)
  9. QuikCart (http://opensolution.org/)
  10. Lokomedia
  11. Open Scholar@Harvard (http://theopenscholar.org/atau https://drupal.org/project/openscholar)
  12. Open Atrium (http://openatrium.com/)
  13. PHPMotion (http://www.phpmotion.com/)
  14. Typo3 (http://typo3.org/)
  15. FuelCMS (http://www.getfuelcms.com/)
  16. Code Igniter (http://ellislab.com/codeigniter)
  17. PrestaShop (http://www.prestashop.com/)
  18. ZenCart (https://www.zen-cart.com/)
  19. Osticket (http://osticket.com/)
  20. ImpressCMS (http://www.impresscms.org/)
  21. SilverStripeCMS (http://www.silverstripe.com/)

Diatas merupakan CMS/Aplikasi yang pernah saya pelajari, wih banyak sekali pasti pinter nea heheh 😀 , jujur saja saya hanya pemula yang memperlajari dasarnya saja, bukan berarti saya mengerti semuanya.

Walaupun blog saya ini masih berumur jagung sekitar 7 bulan, tetapi jumlah total pengunjung sudah mencapai 3.622 visitor pada tanggal 11 Maret 2014 pukul 14:20 WIB. Sekitar dua minggu ini alhamdulillah pengunjung rata2x 70 orang perhari. Berikut ini grafiknya selama 1 bulan dari tanggal 10 Feb – 11 Maret 2014 :

Visitors Blog mhdsyarif-11-maret-2014

Itulah sedikit cerita saya tentang lahirnya blog mhdsyarif.com, meskipun ceritanya jauh dari judul sebenarnya, 🙂 , mohon maaf jika ada penulisan kata yang salah dan disini saya tidak berniat merugikan pihak manapun. Terima kasih.

Dilihat sebanyak : 1380 kali

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco