Ternyata Bahasa Indonesia Tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di Dunia

Hallo, saya baru tau ternyata Bahasa Indonesia menjadi bahasa tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di Dunia.
Berdasarkan tulisan yang dibuat oleh  yang dikutip dari http://www.kumpulanmisteri.com.

Banyak dari kita mungkin tidak tahu kalau ternyata “Bahasa Indonesia” bahasa tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di dunia yang seharusnya menumbuhkan rasa bangga pada diri kita sebagai orang-orang asli Indonesia. Lebih kerennya lagi, Bahasa Indonesia diketahui telah dipelajari di empat puluh lima negara yang memang masuk menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah luar negeri. Meski Bahasa Indonesia seringkali tidak terlalu diperhitungkan sebagai mata pelajaran penting di Indonesia dan bahkan tidak menjadi prioritas apalagi ketika Ujian Nasional, tapi ternyata Bahasa Indonesia banyak diminati oleh orang luar negeri untuk dipelajari.

Ternyata Bahasa Indonesia Tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di Dunia

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Ternyata “Bahasa Indonesia” Bahasa Tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di Dunia untuk Dipelajari

Mungkin kita setuju akan fakta bahwa sebagian besar orang tua bakal menyuruh anak-anak mereka untuk memelajari ilmu eksak daripada ilmu bahasa yang kerap malah dipandang sebelah mata. Bimbingan belajar atau privat manapun bakal lebih mementingkan ilmu hitung-menghitung daripada memberi layanan bimbingan belajar Bahasa Indonesia, kalaupun ada pasti sangatlah jarang juga.

Bahasa Inggris dan Matematika adalah yang paling sulit menurut para siswa sehingga mereka pun lebih tertarik untuk belajar kedua mata pelajaran ini dan mengabaikan Bahasa Indonesia karena dirasa terlalu membosankan akan materi yang terlalu banyak dan cerita-cerita yang terlalu panjang.

Bahasa Indonesia tersulit no. 3 di asia dan no. 15 di dunia tentu menandakan bahwa Bahasa Inggris tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Bahasa Indonesia karena tingkat kesulitan lebih tinggi malah bahasa kita sendiri. Memang kenyataannya, Indonesia belumlah bisa membuktikan banyak hal kepada dunia, tapi bahasa kita malah telah diakui dunia dengan baik. Indonesia merupakan negara yang sebenarnya sudah sempurna dilihat dari kebudayaannya dan alam yang begitu indah. Sebagai warga negara asli Indonesia, seharusnya kita menunjukkan kebanggaan kita akan Bahasa Indonesia dengan menggunakannya dengan benar dan memperkenalkannya kepada warga asing yang ada di Indonesia.

Bahasa Indonesia bahasa tersulit di dunia no. 15 dan untuk itulah pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia, dikatakan oleh Andri Hadi (diplomasi Publik Departemen Luar Negeri dan direktur Jenderdal Informasi) bahwa ada 45 negara yang tengah mengajarkan bahasa tercinta kita saat ini. Negara-negara tersebut antara lain adalah Vietnam, Kanada, Amerika, dan Australia serta negara-negara lainnya. Hebatnya, Bahasa Indonesia menuai popularitas tinggi di Australia dan menduduki peringkat keempat di sana dibuktikan oleh sekitar 500 sekolah yang mengajarkannya; bahkan anak-anak sekolah dasar di negeri kangguru itu sudah bisa menguasai Bahasa Indonesia.

Mampukah kita menaklukkan bahasa tersulit ke-3 di Asia ini sedangkan Irdamis Ahmad yang merupakan Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Vietnam menyatakan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi kedua di sana dan telah sejajar dengan bahasa Jepang, Perancis, dan Inggris? Di tingkat Asia, Bahasa Indonesia berada di posisi ketiga setelah bahasa Jepang dan bahasa Mandarin, sedangkan bila melihat dari segi kompleksitivitas dan gramatikal, menurut penelitian lembaga bahasa di dunia ada bahasa Ibrani di peringkat pertama, bahasa Yunani di peringkat dua, bahasa Latin di peringkat tiga, serta bahasa Jepang dan Korea ada di peringkat empat dan lima.

Banyak dari kita tidaklah menyangka bahwa Bahasa Indonesia bisa sesulit itu tapi juga diminati oleh negara lain untuk dipelajari dan diajarkan. Untuk itu, mari tidak menyepelekan bahasa kita sendiri setelah mengetahui betapa besar pengaruh Bahasa Indonesia bahkan di negara lain. “Bahasa Indonesia” bahasa tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di dunia adalah fakta yang seharusnya membuat kita lebih bangga dan menghargai bahasa tanah air kita.

Dilihat sebanyak : 142 kali

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco