Perjalanan Menuju Kuliah D4 ITB (Institut Teknologi Bandung)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. .

Perkenalkan nama saya Mhd. Syarif. Saya alumni D3 Politeknik Kampar (www.poltek-kampar.ac.id) Program Studi Teknik Informatika (www.tif.poltek-kampar.ac.id), saat ini saya melanjutkan pendidikan D4 di ITB Kerma SEAMOLEC.

Sebelum wisuda D3 pada tanggal 24 November 2012, saya niat ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Setelah lulus sidang pada tanggal 14 September 2012, saya merasa sangat gembira dimana tugas – tugas yang selama ini “menghantui” saya tidak lagi bisa memaksa untuk begadang (bisa tidur nyenyak he he he). Selama lebih kurang 2 minggu dirumah saya merasa suntuk karna saya hanya mengisi hari-hari dengan kerja, tidur, nonton dan lain2x.

Akhirnya saya memutuskan ingin mencari kerja sambil mencari ilmu, tepatnya di UPT Pusat Komputer Universitas Riau. Saya mengunjungi instansi tersebut pada tanggal 01 Oktober 2012, tgl 02 saya disuruh kembali disana (berharap diterima), tgl 03 Oktober 2012 saya diterima kerja. Singkatnya saya bekerja sebagai staff divisi website dimana disana saya langsung disuruh untuk mengelola website Universitas Riau (www.unri.ac.id).

Awalnya saya merasa takut untuk melaksanakan tugas yang diberikan, karna saya tidak diajarkan untuk belajar mengelola website tersebut. Saya langsung diberikan hak sebagai administrator untuk memasukkan sebuah berita, dengan bantuan Ocu Google saya mencoba belajar sendiri, butuh beberapa jam untuk memasukkan sebuah berita (sangat lama hehehe). Dalam perjalanan kerja dibidang website saya dan team telah menciptakan +- 40 website di lingkungan Universitas Riau.

Waduh Sudah banyak ternyata……Tapi kok nggak ada nyeritain perjalanan kuliah D4 ke ITB ya …… Anggap saja pembukaan, he he he he.

Pada sekitar bulan April 2013 saya melihat pengumuman Penerimaan Mahasiswa Program D3 ke D4 Serta S2 Kerjasama ITB SEAMOLEC diwebsite SEAMOLEC. Saya mencoba mendaftar ulang dengan mengambil jurusan TIKes (Teknik Informatika Kesehatan), tidak lama kemudian saya mendapat telpon dari SEAMOLEC untuk proses wawancara, dimana untuk jurusan TIKes gelombang pertama tidak dibuka karna peminatnya kurang dari 15 orang. Akhirnya pengumumanpun keluar, merasa deg deg kan juga ketika membuka email ternyata saya masuk ke jurusan TKJMD (Teknik Komputer Jaringan dan Media Digital). Pada saat pengumuman dan daftar ulang waktunya sangat singkat sekali, jujur pada waktu itu saya belum siap secara materi maupun mental, akhirnya saya mencoba menghubungi panitia agar bisa dimasukkan pada gelombang ke 2.

Pada Tanggal? 31 Juli 2013 saya mendapatkan sebuah pesan email dari SEAMOLEC dengan subjek “Pengumuman Calon Mahasiswa Bacth 8 Gelombang 2“, tak ku sangka nama Mhd. Syarif ternyata lulus TKJMD di ITB. Saya berpikir kok semuda itu saya bisa masuk kuliah di ITB, diluar sana jutaan orang mau masuk ITB dengan beberapa jalur namun akhirnya memilih perguruan tinggi lainnya, sedangkan saya hanya ditelpon kemudian langsung bisa lulus. (Pikir kayak gimana gitu …. ?????).

Dua hari sebelum berangkat daftar ulang tepatnya hari pertama kerja setelah lebaran Idul fitri 1434 H. Saya masih masuk kerja seperti biasanya namun pada saat itu ada kegiatan pendaftaran ulang mahasiswa baru jalur mandiri dan jalur mandiri bina lingkungan. Disaat teman2x sibuk menjadi panitia pendaftaran calon mahasiswa baru saya malah sibuk untuk persiapan pengurusan pengunduran diri untuk melanjutkan pendidikan D4. Pada tanggal 12 Agustus 2013 saya resmi mengundurkan diri sebagai staff honorer. Pada saat membeli tiket pesawat saya mengalami kesulitan, bagaimana sea membeli tiket ? Akhirnya saya mencoba membeli secara online, pas dilihat harga tiket sangat mahal naik 2 – 3 kali lipat pada hari bisanya (mungkin karna habis lebarannya). nggak tau kenapa pagi hari senen atau selasa saya lupa harinya, saya browsing di internet ternyata ada harga tiket yang promo pada waktu itu, saya langsung Booking. Setelah saya mengisi data ada masalah baru, bagaimana cara membayar tiket tersebut ? Akhirnya saya minta bantuan sama rekan saya untuk membayar tiket tersebut melalui ATM dengan menggunakan ATM dia (ATM saya ge kosong).

Tepatnya pada hari Rabu 14 Agustus 2013, saya terpaksa bangun pukul 4 Shubuh untuk persiapan keberangkatan ke Bandara. Untuk pertama kalinya saya naik pesawat terbang menuju ke Jakarta, sampai ke Jakarta saya dan Antoni naik travel menuju ke Bandung. Saya sama sekali tidak tahu lokasi ITB apalagi wilayah Bandung, untung saja sopirnya baik mengantar kami sampai ke ITB. Ssampai di ITB saya dan Antoni mencari tempat tinggal untuk sementara, sangat sulit buat saya mencari tempat tinggal karna tidak ada satupun keluarga yang ada disini apalagi teman (maklum tinggal dikampung he he he)

Dari siang sampai malam saya mencari tempat tinggal, namun yang ada cuma wisma dan hotel yang harganya sekitar 350 -400 ribu permalam. Akhirnya saya dan Antoni tidur di masjid Salman ITB, dimalam hari ternyata cuacanya sangat dingin dengan hanya sebuah sarung menjadi selimut.

15 Agustus 2013, saya dan Antoni mendaftar ulang di Laboratorium Sistem Kendali Komputer (LSKK) gedung? labtek VIII/Achmad Bakrie lantai 2, Jl Ganesa No 10 Bandung – Jawa Barat. Saat mendaftar ulang saya bertemu dengan teman2x yang berasal dari perguruan tinggi di Indonesia. Malam kedua di Bandung saya dan Antoni mencoba cari tempat tidur, akhirnya kami mendapatkan sebuah hotel untuk penginapan, jujur saja untuk nginap dihotel yang pertama kalinya (he he he).

17 Agustus 2013, saya, Diki (Alumni IT Telkom), Pandu (Alumni Politeknik Pontianak) dan Antoni (Alumni Politeknik Kampar) berangkat dari Jakarta ke Bandung menggunakan travel untuk melaksanakan martikulasi di SEAMOLEC. Ternyata pemikiran diawal “kok semuda itu saya bisa masuk kuliah di ITB” ternyata langsung berubah, dimana untuk masuk kuliah di ITB kami harus mengikuti martikulasi selama +- 1 bulan diSEAMOLEC. Pada saat martikulasi lah kami ditentukan apakah kami layak menjadi keluarga besar ITB. Balik lagi perjalan ke Jakarta, disore hari kami sampai di Jakarta tepatnya di Universitas Terbuka (www.ut.ac.id) hujan pun langsung turun, kami berteduh dimasjid Universitas Terbuka. Malah tempat penginapan belum dapet, hujanpun tambah deras, akhirnya kami nginap di tempat teman SEAMOLEC tepatnya di pondokan Marica Place.

18 Agustus 2013, saya dan teman2x mendapat tempat penginapan di Marica Place, ada 1 kamar masih kosong dan maksimal diisi oleh 3 orang. Saya dan teman2x melobi pemilik kost agar kami berlima bisa tinggal di satu kamar, dengan obrolan cukup panjang pemilik kost membolehkan kami untuk menempati satu kamar dengan 5 orang (kayaknya ikan pepes, ha ha ha).

19 Agustus 2013, saya dan teman2x calon mahasiswa D4 ITB kerma SEAMOLEC berkumpul disuatu ruangan untuk martikulasi di gedung SEAMOLEC. Pagi hari sebelum berangkat ke SEAMOLEC saya tidak sarapan pagi karna susah mencari tempat makan. Ada tempat sarapan malah saya tidak suka, terpaksa deh tidak sarapan pagi (untuk masalah makanan saya sangat memilih makanan he he suka makan pedas).

Dua hari dijakarta saya cuma makan mie goreng. Pada saat martikulasi saya dan teman2x langsung mendapatkan perkuliahan Epup dan mendapatkan 3 tugas yang harus diselesaikan sampai shubuh ini (saatnya untuk mengulang masa lalu… Bagadang — ndak lolok malam e do –.

Sekian sedikit cerita yang dapat saya sampaikan dalam perjalanan menujun kehidupan yang baru. Tidak lupa saya berdo’a kepada Allah SWT semoga saya dan teman bacth 8 gelombang 2 atau bacth 9 diberi kemudahan untuk mengikuti semua proses perkuliahan dan diberi kelancaran serta kesehatan dalam proses mencari ilmu yang bermanfaat. Ingat teman2x batch sebelumnya bisa kenapa kita tidak bisa !!!

Dilihat sebanyak : 2839 kali

Print Friendly

12 Responses to Perjalanan Menuju Kuliah D4 ITB (Institut Teknologi Bandung)

  1. nofendi s says:

    keren mas,, rencana saya juga ngambil d4 itb,, salam warga riau

  2. Silvia Graviolen says:

    Selamat siang mas, saya berencana juga untuk lanjut ke d4 itb kerma seamolec. Kira2 boleh saya minta info tentang pe daftaran untuk tahun 2014? Makasih

  3. Waah, keren mas cerita perjalanannya… tidak sia sia perjuangannya :D. Rencana saya juga ingin meneruskan D4 di seamolec, share lagi dong mas ttg pengalaman belajar di seamolec..

  4. arif says:

    malam mas,, kemaren saya tanya pak abdul rizal, kapan pendaftaran seamolec d buka untuk thun ini, trus dia jawab belum tau,karna ada masalah sama ITB, gmana rumor d kmpus seamolec sendiri mas? soal nya saya juga minat k seamolec ini..trim

  5. Ari says:

    Iya mas. Punya info gak yah apakah taun 2014 ini Seamolec buka?

  6. Mhd Syarif says:

    Dear All,
    Pendaftaran Alih Jenjang D3 ke D4 2014 STEI ITB Batch 9 telah dibuka, info selengkapnya : http://blog.mhdsyarif.com/pendaftaran-program-alih-jenjang-d3-ke-d4-2014-batch-9-stei-itb/
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco