Pendampingan Mengajar di SMAN 2 Bandung

Berhubung sekolah tempat magang saya yaitu SMAN 3 Bandung belum dimulai, saya dan Bastoni membantu Saudari Mentari dan Yulia Hapsari dalam mengajar Simulasi Digital dengan materi pembuatan buku digital menggunakan Sigil. Pada tanggal 08 April 2014 pukul 08:00 – 10:00 WIB, di ruangan komputer SMAN 2 Bandung, lihat lokasi sekolah disini.

Sedikit penjelasan mengenai buku digital.

Buku digital, atau disebut juga e-book merupakan sebuah aplikasi yang terdiri dair teks, gambar, video, maupun suara dan dipublikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainya. Sebuah buku digital biasanya merupakan versi elektronik dari buku cetak, namun tidak jarang pula sebuah buku hanya diterbitkan dalam bentuk digital tanpa versi cetak.

Fungsi dan Tujuan dalam materi ini adalah :

Fungsi buku digital yaitu :

  1. Sebagai salah satu alternative media belajar. Berbeda dengan buku konvensional, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya, memungkinkan penyajian informasi dengan lebih interaktif dan menarik.
  2. Sebagai media berbagi informasi, buku digital dapat disebarluaskan dengan lebih mudah dibandingkan buku konvensional. Seseorang dapat menjadi pihak pengarang, serta penerbit dari bukunya sendiri dengan mudah.
  3. Tujuan

Tujuan pengembangan digital book adalah  memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan lebih mudah dan dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya, cukup mendatangi salah satu situs penerbit digital, dan menerbitkan bukunya secara mandiri.

Buku digital juga bertujuan untuk melindungi informasi yang disampaikan. Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, maupun hilang, buku digital yang berupa data dikomputer terlindungi dari masalah – masalah tersebut. Walaupun data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali kepada pembuat buku.

Buku digital juga diharapkan dapat mempermudah proses belajar yang dilalukan oleh penggunanya, dikarenakan format buku digital yang dapat di search, copy, sehingga informasi yang dicari dapat diperoleh dengan mudah dan cepat.

 Itulah sedikit atau gambaran umum yang kami ajarkan pada pertemuan kali ini yang bersumber dari bahan ajar yang kami dapatkan dengan judul “Buku Digital”. Software yang kami gunakan adalah Siqil, bisa di download disini.

Jumlah siswa-siswi yang kami ajar sekitar 3o siswa yang merupakan kelas X.

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai Pendampingan Mengajar di SMAN 2 Bandung. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Dilihat sebanyak : 344 kali

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco