Mengajar Mahasiswa D1 ITB KERMA SEAMOLEC Materi “Simulasi Visual (3D Visualization).”

Kali ini saya akan melanjutkan cerita pengalaman saya pada pertemuan kedua dalam mengajar Mahasiswa D1 ITB Kerma SEAMOLEC. baca juga petemuan pertama Disini .

Pada hari Jum’at, 24 Januari 2014, Pukul 08:00 WIB  – 11:30 WIB, pertemuan ke-2 bagi tim 1 untuk mengajar mahasiswa D1, yang bertempat diruangan lantai 3 Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Materi yang kami ajarkan pada pertemuan ini adalah Simulasi Visual (3D Visualization).Pada kesempatan ini yang mengajar adalah Taufik Nurhidayat dan sisanya menjadi asisten untuk mendampingi para mahasiswa yang mungkin masih belum mengerti dengan materi yang disampaikan.

Simulasi visual berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan gagasan atau konsep dalam bentuk rekaan dengan cara mengamati dan mewujudkannya dalam format digital.

Jenis simulasi visual disini secara umu dibagi menjadi 2, yaitu simulasi visual 2D dan simulasi 3D. penggunaannya masing-masing jenis tergantung pada tujuan dan kebutuhan. Simulasi visual 2D adalah simulasi dengan dimensi datar, dalam segi teknis simulasi ini dibuat dalam software pengolah grafis 2D animasi, misalnya : adobe flash, after effect, toonboom dll.

Simulasi visual 3D merupakan simulasi dengan memiliki dimensi bentuk ruang dan kedalam pada objek yang dibuat. Software pengolah grafis yang dipakai dalam simulasi 3D misalnya Blender, 3DStudio Max, Lightwave dll.

Itulah gambaran umum tentang materi yang kami sampaikan yang saya kutip dari materi yang kami dapatkan dari SEAMOLEC dengan judul “Simulasi Visual”.

Software yang kami gunakan adalah Blender. Berikut ini sebagian kecil gambar materi yang kami ajarkan.

Materi Blender 1Materi Blender 2Materi Blender 3

Selama dua minggu program Bridging D1 ITB berlangsung tim satu seharusnya mengajar tiga kali pertemuan namun dilapangan hanya dua kali disebabkan oleh lain hal. Semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi Mahasiswa D1  dan membuat kami lebih baik lagi dalam mengajar kedepannya  serta menjadikan ladang amal bagi kita semua.

Dokumentasi :

  • Suasana Belajar D1 Bridging ITB kerma SEAMOLEC

Itulah sedikit cerita pengalaman mengajar D1 Bridging ITB Kerma SEAMOLEC, mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan dalam artikel ini. Terima kasih

Dilihat sebanyak : 4563 kali

Print Friendly

One Response to Mengajar Mahasiswa D1 ITB KERMA SEAMOLEC Materi “Simulasi Visual (3D Visualization).”

  1. This is really interesting, You’re an overly skilled blogger.
    I’ve joined your feed and stay up for searching for more of your fantastic post.
    Also, I’ve shared your website in my social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco