Menampilkan Cuplikan Berita dari Blog Orang Lain

Anda ingin menampilkan berita dari blog orang lain ke blog Anda ? Caranya cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas RSS yang ada pada blog Anda. Berikut ini sedikit penjelasan tentang RSS yang saya kutif dari Wikipedea.

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/RSS).

Bagi Anda pengguna WordPress, berikut ini langkah-langkah  bagaimana cara menampilkan berita dari blog orang lain di blog Anda :

  1. Login ke blog Anda terlebih dahulu
  2. Pada halaman dashboard pilih Appearance => WidgetswidgetsRSS
  3. Setelah itu akan muncul halaman Widgets, pilih RSS silahkan drag & drop dimana Anda ingin letakkan, berikut ini penjelasannya :
  • Enter the RSS feed URL here : Masukkan URL kategori dari blog yang ingin tampilkan beritanya/bisa juga memasukkan URL dari blog Anda. Jika pada blog tersebut belum mempunyai fasilitas RSS/FEED, Jangan lupa menambahkan /rss atau /feed pada akhir URL,
  • Give the feed a title (optional) : Tuliskan judul RSS,
  • How many items would you like to display ? : Pilih berapa jumlah berita yang ingin tampilkan,
  • Display item content? : Ceklis jika ingin menampilkan isi berita,
  • Display item author if available?: Ceklis jika ingin menampilkan penulis berita
  • Display item date?: Ceklis jika ingin menampilkan tanggal post berita

    4. Setelah selesai klik Save.

Berikut ini beberapa contoh konfigurasi RSS yang saya buat,

  1. Berita dari ITB rssITB
  2. Berita dari DIKTIRSS-Dikti
  3. Hasilnya seperti berikut :HasilRSS
  4. Anda juga bisa melihat hasil berita dari blog www.tutorial-webdesign.com yang saya ambil berdasarkan kategori hasilnya bisa dilihat disini

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai cara menampilkan berita dari blog orang lain ke blog Anda, Semoga bermanfaat. Terima kasih, jangan lupa follow : @mhdsyarief.

Dilihat sebanyak : 779 kali

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco