Belajar dari Kegagalan dengan Mempelajari Penyebabnya

William A. Ward berkata, ” Kegagalan adalah guru kita, bukan penghambat kita….Kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda, bukan berarti kekalahan…..sifatnya hanya sementara, tidak selamanya”. Jika Anda tanamkan sikap seperti itu, Anda akan lebih leluasa menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi kegagalan. Anggaplah bahwa kegagalan adalah sarana untuk belajar.

Orang – orang yang tidak sukses biasanya hanya mencoba sekali saja, jika mereka gagal, mereka tidak mau mencoba lagi dan segera mengubah haluan. Motto mereka adalah : Jika, sekali saja sudah gagal, buat apa mencoba lagi” Kebalikannya, mereka yang berhasil adalah mereka yang jika pertama gagal, mereka berusaha mengenali penyebabnya setelah itu mau mencoba lagi. Orang-orang sukses ini bahkan terus berusaha untuk mengulang – ulang proses belajar dari kesalahan – kesalahan mereka. Justru dengan bersikap seperti itulah mereka dapat berhasil.

Jika Anda suatu saat mengalami kegagalan, cobalah mencari tahu penyebabnya dengan melihat secara jujur hal – hal yang menimbulkan kegagalan tersebut. Dengan mempelajari lebih dulu serta membuat perubahan yang diperlukan, Anda  akan dapat mencoba kembali dengan persiapan yang lebih matang serta sikap yang bijaksana.

Sumber : Dornan, Jim  & Maxwell, John C. (1998), Strategi Menuju Sukses, Network TwentyOne, cetakan kedua, hal : 33.

Dilihat sebanyak : 405 kali

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

[+] kaskus emoticons nartzco